MEMBERSIHKAN WAJAH DENGAN BENAR

MEMBERSIHKAN WAJAH DENGAN BENAR 
 Membersihkan wajah dengan pembersih telah menjadi bagian dari kecantikan Anda. Tahukah Anda apabila semua itu dilakukan secara tepat, membersihkan wajah bukan hanya bisa menghilangkan kotoran yang menempel pada wajah Anda, namun mampu memelihara kecantikan.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan selama membersihkan kulit, mulai dari pemilihan produk yang tepat serta gerakan pembersihan yang baik untuk kulit. Untuk itu tidak ada salahnya Anda menyimak beberapa pertanyaan berikut ayng mungkin muncul dalam hati Anda.

Bolehkah menggunakan sabun mandi untuk membersihkan kulit wajah ?
Menurut beberapa pakar kecantikan, sebenarnya hal ini tergantung dari beberapa hal, seperti jenis kulit wajah dan frekuensi pemakainanya . Jika Anda hanya melakukan beberapa kali ( tidak setiap kali menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah ) dan jenis kulit Anda normal atau berminyak maka hal ini tidak menjadi masalah. Walaupun sebenarnya hal ini juga kurang tepat.
Namun sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan sabun mandi setiap kali membersihkan wajah, terlebih jika kulit Anda termasuk kering atau sensitif . Pasalnya kadar pH ( tingkat keasaman sabun ) sabun mandi lebih keras dari pembersih wajah, sedangkan kulit wajah justru lebih lembut dibandingkan kulit tubuh. Bila terlalu sering membersihkan wajah denagn sabun mandi maka kelembaban kulit pun hilang.

Mana yang lebih baik untuk membersihkan wajah, air hangat atau air biasa ?
Membersihkan kulit wajah harus menggunakan air hangat ? Jawabannya tidak . Memang masih ada sebagian yang menganggap , membersihkan wajah dengan air hangat lebih baik. Sebenarnya denagn air biasa pun dapat digunakan, hanya saja air hangat akan terasa lebih nyaman di kulit.
Air hangat juga membuat wajah lebih bersih, karena dapat melarutkan minyak maupun riasan pada kulit wajah . Yang terpenting adalah hanagt dan jangan terlalu panas karena akan membuat kulit jadi kering. Air panas juga akan membuat pembuluh darah melebar sehingga tidak sesuai untuk Anda memiliki kulit sensitif.

Toner atau Astrigent, mana yang boleh dipakai ?
Hal ini tergantung dari jenis kulit Anda. Astrigent atau toner berfungsi untuk mengangkat sisa kotoran yang tertinggal serta memberi rasa segar pada kulit. Tetapi jika Anda telah membersihkan kulit dengan seksama dan kulit terasa nyaman tanpa menggunakan toner, maka Anda tidak perlu mengguankan kedua hal tadi untuk merawat kulit Anda. Ada beberapa toner yang mengandung alkohol, sehingga jika kulit Anda kering, maka pemakaian toner akan membuatnya lebih kering lagi. Untuk kulit kering, jika ingin memakai toner pilihlah yang tidak mengandung alkohol. Pada kemasan kosmetik, biasanya tertulis oil free.

Jika Anda memiliki kombinasi antara berminyak dan normal , memang sering menimbulkan dilema . Pasalnya jika menggunakan pembersih untuk kulirt berminyak, mak bagian kulit yang normal menjadi kering. Sebainya cobalah menggunakan pembersih untuk kulit normal di seluruh bagian wajah. Sesudahnya, gunakan toner hanya pada bagian wajah yang berminyak .

Bagaimana memilih pembersih kulit yang tepat bagi kulit berjerawat ?
Memiliki kulit yang berjerawat memang mengesalkan. Gunakan pembersih yang mengandung bahan anti jerawat seperti salicylic acid ( asam salisilat ) saat wajah sedang berjerawat lalu beralih ke pembersih biasa saat jerawat mulai hilang. Tetapi jika jerawat tersebut timbul terus menerus maka ada kemungkinanAnda harus menggunakn obat jerawat.
Imbangi perawatan kulit denagn pembersih yang sangat lembut ( pembersih untuk kulit sensitif ) agar terhindar dari pengelupasan pada kulit. Jikasedang berjerawat sebaiknya jangan mengguanakn scrub sesudah membersihkan wajah, agar terhindar dari iritasi kulit.

Bolehkah menggunakan pembersih wajah untuk leher ?
Pembersih wajah memang boleh digunakan untuk membersihkan leher . Karena kulit leher pun harus dibersihkan sesering Anda membersihkan wajah agar tidak terjadi perbedaan warna pada wajah dan leher Anda. Gunakan pembersih atau toner pada leher Anda, bahkan bisa menggunakan pembersih rias wajah pada leher jika Anda menggunakan alas bedak dan bedak pada leher.

Selamat Mencoba.

Reaksi: